5 Alasan Mengapa Origami Meningkatkan Keterampilan Siswa

5 Alasan Mengapa Origami Meningkatkan Keterampilan Siswa – Origami, seni kuno melipat kertas, kembali muncul. Sementara beberapa potongan origami tertua telah ditemukan di Tiongkok kuno dan akar terdalamnya ada di Jepang kuno, origami juga dapat berdampak pada pendidikan saat ini.

5 Alasan Mengapa Origami Meningkatkan Keterampilan Siswa

ralphmag РBentuk seni ini melibatkan siswa dan secara diam-diam meningkatkan keterampilan mereka  termasuk peningkatan persepsi spasial dan pemikiran logis dan berurutan.

Bentuk Seni untuk Semua Mata Pelajaran

Melansir laman edutopia, Tidak percaya padaku? Para peneliti telah menemukan sejumlah cara agar origami dapat membuat pelajaran menarik, sambil memberikan keterampilan yang dibutuhkan siswa. (Anggap saja sebagai sayuran yang dicampur ke dalam saus spageti.) Berikut adalah beberapa cara origami dapat digunakan di kelas Anda untuk meningkatkan berbagai keterampilan:

Baca juga : Cara Membuat Origami Mobil

Geometri

Menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional pada tahun 2003, geometri adalah salah satu bidang kelemahan di kalangan siswa Amerika. Origami telah ditemukan untuk memperkuat pemahaman konsep geometris, formula, dan label, membuatnya menjadi hidup. Inilah cara menggunakannya di kelas Anda (PDF). Dengan melabeli struktur origami dengan panjang, lebar, dan tinggi, siswa akan mempelajari istilah-istilah kunci dan cara-cara untuk menggambarkan suatu bentuk. Anda dapat menggunakan origami untuk menentukan area dengan menerapkan rumus ke struktur dunia nyata.

Kemampuan berpikir

Origami menggairahkan modalitas belajar lainnya. sudah terbukti tingkatkan keahlian visualisasi spasial memanfaatkan pembelajaran langsung. Keterampilan tersebut memungkinkan anak- anak buat menguasai, mengkarakterisasi,serta membuat bahasa mereka sendiri buat dunia di dekat mereka. Di kelas Anda, temukan origami atau bentuk geometris di alam dan kemudian gambarkan dengan istilah geometris.

pecahan

Konsep pecahan menakutkan bagi banyak siswa. Kertas lipat bisa menunjukkan pecahan dengan metode taktil. Di kelas Anda, Anda dapat menggunakan origami untuk mengilustrasikan konsep setengah, sepertiga, atau seperempat dengan melipat kertas dan menanyakan berapa banyak lipatan yang diperlukan siswa untuk membuat bentuk tertentu. Tindakan melipat kertas menjadi dua dan menjadi dua lagi dan seterusnya juga dapat digunakan untuk menunjukkan konsep tak terhingga.

Penyelesaian masalah

Seringkali dalam tugas, ada satu jawaban yang ditetapkan dan satu cara untuk sampai ke sana. Origami memberi anak-anak kesempatan untuk memecahkan sesuatu yang tidak ditentukan dan memberi mereka kesempatan untuk berteman dengan kegagalan (yaitu coba-coba). Di kelas Anda, tunjukkan sebuah bentuk dan mintalah siswa menemukan cara untuk membuatnya. Mereka mungkin mendapatkan solusi dari berbagai pendekatan. Ingat, tidak ada jawaban yang salah.

Ilmu yang Menyenangkan

Origami adalah cara yang menyenangkan untuk menjelaskan konsep fisika. Selembar kertas tipis tidak terlalu kuat, tetapi jika Anda melipatnya seperti akordeon, itu akan menjadi. (Lihat sisi kotak kardus untuk bukti.) Jembatan didasarkan pada konsep ini. Juga, origami adalah cara yang menyenangkan untuk menjelaskan molekul. Banyak molekul memiliki bentuk tetrahedron dan polihedra lainnya.

Bonus: Kesenangan Biasa!

Saya harap saya tidak perlu menjelaskan kesenangan. Berikut adalah beberapa kegiatan ( dengan diagram ) untuk menjaga tangan dan pikiran muda itu tetap bekerja.
Tidak Ada Papering Di Atas Manfaat Origami

Anak-anak menyukai origami yang dibuktikan dengan betapa mereka terpikat dengan pesawat kertas, topi kertas, atau perahu kertas pertama mereka. Dan meskipun kita mungkin tidak selalu memikirkannya, origami mengelilingi kita — mulai dari amplop, kipas kertas, dan lipatan baju hingga brosur dan handuk mewah. Origami menyelimuti kita (maafkan permainan kata-kata). Origami telah ditemukan untuk meningkatkan tidak hanya persepsi 3D dan pemikiran logis (PDF), tetapi juga fokus dan konsentrasi.

Para peneliti telah menemukan bahwa siswa yang menggunakan origami dalam matematika berkinerja lebih baik. Dalam beberapa hal, ini adalah sumber daya yang belum dimanfaatkan untuk melengkapi instruksi matematika dan dapat digunakan untuk konstruksi geometris, menentukan rumus geometris dan aljabar, dan meningkatkan ketangkasan manual di sepanjang jalan. Selain matematika, origami adalah cara yang bagus untuk menggabungkan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika secara bersamaan: STEAM.

Origami adalah Mesin UAP

Sementara sekolah masih mengejar ide origami sebagai mesin STEAM (penggabungan disiplin ini), origami sudah digunakan untuk memecahkan masalah sulit dalam teknologi. Seniman telah bekerja sama dengan para insinyur untuk menemukan lipatan yang tepat agar airbag disimpan di ruang kecil, sehingga dapat digunakan dalam sepersekian detik. Selain itu, National Science Foundation, salah satu lembaga pendanaan terbesar pemerintah, telah mendukung beberapa program yang menghubungkan insinyur dengan seniman untuk menggunakan origami dalam desain. Idenya berkisar dari forsep medis hingga panel surya plastik yang dapat dilipat.

Dan origami terus memukau para ilmuwan dengan kehadirannya di alam. Banyak kumbang memiliki sayap yang lebih besar dari tubuhnya. Bahkan mereka bisa sebanyak dua atau tiga kali lebih besar. Bagaimana mereka bisa melakukan itu? Sayap mereka terbentang dalam pola origami. Serangga tidak sendirian. Kuncup daun dilipat dengan cara yang rumit yang menyerupai seni origami juga. Origami ada di sekitar kita dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak dan orang dewasa.

Jadi tidak peduli bagaimana Anda melipatnya, origami adalah cara untuk membuat anak-anak terlibat dalam matematika, dapat meningkatkan keterampilan mereka, dan membuat mereka lebih menghargai dunia di sekitar mereka. Dalam hal membuat pelajaran menjadi menarik, origami ada di atas flip.