10 Negara Paling Sukses Dalam Olimpiade Dunia

10-negara-paling-sukses-dalam-olimpiade-dunia

10 Negara Paling Sukses Dalam Olimpiade Dunia -Banyak jalan dan cara untuk membuktikan kepada dunia bahwa seluruh medali perak, perunggu hingga emas bisa diraih dengan cara mudah dan langkah tepat. Akan tetapi masing – masing negara yang tergabung dalam Olimpiade saling sikut untuk memecahkan berbagai macam rekor sepanjang masa.

Tercatat bahwa Olimpiade terakhir dilangsungkan di Rio de Janeiro, Brasil tahun 2016 silam dengan memamerkan segala atraksi olahraga terbaik dunia. Namun Olimpiade berikutnya gagal dihelat lantaran kasus COVID-19.

Hingga pada akhirnya panitia Olimpiade memutuskan untuk melakukan penundaan jadwal hingga Agustus 2021 di Tokyo, Jepang. Pemilihan negara tuan rumah tersebut dibentuk atas dasar kasus virus corona. Sebab negara Sakura tercatat hanya beberapa ratus orang yang terdampak virus tersebut. Singkatnya mereka menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya sejak 1964 silam.

Diketahui bahwa Olimpiade pertama kali diselenggarakan pada tahun 1896 di Athena, Yunani dengan mengorbitkan 13 negara peserta. Seiring berjalannya waktu, kini lahir 206 negara peserta yang siap menyabet sejumlah medali untuk kehormatan bangsa. Masing – masing kontingen dituntut untuk menampilkan persyaratan terbuka dan menjunjung tinggi nilai sportifitas.

Hingga Olimpiade Tokyo 2020, berikut telah kami hadirkan 10 negara paling sukses dalam menyabet gelar Olimpiade dunia, antara lain :
1. Amerika Serikat – 2.523 Medali
Sejak dulu hingga kini negara Amerika Serikat (USA) menjadi pusat perhatian dalam setiap cabang olahraga terbesar dunia. Sebab negeri Paman Sam tersebut selalu mengedepankan standar paling tinggi yang berhasil dijadikan acuan bagi negara lain. Faktanya pun USA telah 4 kali dijadikan Venue utama Olimpiade musim panas. Kesuksesannya pun menjadikan negara tersebut diganjar dengan 2.523 medali. Selain itu menghadirkan nama besar atlet legendaris renang Michael Phelps dengan torehan medali 2 perunggu, 3 perak dan 23 emas.

2. Uni Soviet – 1.566 Medali
Di peringkat kedua adalah Uni Soviet yang mampu mencatatkan 1.566 medali yang di antaranya 590 medali emas di semua cabang olahraga. Negara tersebut menjadi bagian Olimpiade pada tahun 1952 dan kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah di Moskow tahun 1980. Salah satu atlet paling subur yang mereka delegasikan adalah Larisa Latynina pada cabang gimnastik yang berhasil mengemas 18 medali antara lain 4 perunggu, 5 perak dan 9 emas.

3. Jerman – 1.346 Medali
Jerman pun tak mau ketinggalan dalam urusan medali Olimpiade dunia. Karena mereka selalu memiliki kedisiplinan dan tekad yang kuat setiap menjalankan pertandingan. Secara keseluruhan, negara tersebut berhasil meraup sejumlah 1.346 medali. Walau begitu, beberapa atlet terbaik Jerman selalu menjadi sorotan publik dan penantang lainnya di setiap kompetisi terutama pacuan kuda, atletik dan kano. Jerman pernah menjadi tuan rumah Olimpiade di Berlin (1936) dan Munich (1972).

4. Prancis – 716 Medali
Prancis berhasil menduduki posisi keempat sebagai pemegang medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade dunia dengan catatan 716 medali. Kekaguman negara lain atas para atlet Prancis bermula dari cabang olahraga anggar dan sepeda. Sebab koleksi emas mereka terlahir dari kedua game tersebut. Selain itu, Prancis juga pernah menjadi venue Olimpiade yang pertama di Paris tahun 1990 dan kedua di kota yang sama tahun 1924.

5. Italia – 617 Medali
Masih dari Benua Eropa, Italia tak ingin ketinggalan kereta dengan para pesaing lainnya dalam ajang Olimpiade dunia. Sepanjang tahun dalam kompetisi tersebut, negara yang satu ini sukses mempersembahkan gelar sebanyak 617 medali yang di antaranya 213 perunggu, 187 perak dan 217 emas. Salah satu cabang olahraga yang paling mereka acungkan adalah anggar.

6. Inggris – 581 Medali
Kepopuleran sepak bola di Inggris ternyata tidak menyertai Olimpiade. Tercatat bahwa Inggris hanya menduduki peringkat kelima sebagai peraih medali bergengsi dunia dengan jumlah keseluruhan 581 medali. Walau begitu, negara tersebut tak pernah absen dalam menyajikan atraksi dan tontonan yang menghibur terutama pada balap sepeda yang dipandu langsung oleh Bradley Wiggins. Diketahui bahwa pria kelahiran Ghent itu telah mempersembahkan 2 medali perunggu, 1 perak dan 5 emas.

7. China – 546 Medali
China juga siap tampil beda dalam ajang Olimpiade dunia. Negara tersebut baru memulai karirnya pada tahun 1924 dan hingga kini sukses mendapatkan 546 medali. Nama baik China pun menjadi – jadi setelah berhasil dijadikan tuan rumah terbaik dalam ajang Olimpiade 2008 di Beijing. Salah satu atlet yang sukses mengharumkan nama bangsanya adalah Wu Minxia dalam kejuaraan loncat indah. Ia berhasil menyumbangkan 7 medali terbanyak sepanjang masa untuk China dengan rincian 1 perunggu, 1 perak dan 5 emas.

8. Hungaria – 498 Medali
Di sisi lain, Hungaria juga muncul sebagai pembeda dengan mengoleksi 498 medali yang di antaranya adalah 175 medali emas. Walau terbilang veteran lantaran berpartisipasi dalam Olimpiade sejak 1896, namun negara tersebut masih tetap konsisten meraih serangkaian gelar di setiap periode.

9. Australia – 497 Medali
Di Benua lain, Australia menduduki urutan ke-9 yang berhasil meraih 497 medali. Sebelumnya, Australia menjadi tuan rumah Olimpiade di Melbourne (1956) dan Sydney (2000). Terbaru, Brisbane akan dijadikan tuan rumah Olimpiade pada 2032 mendatang.

10. Swedia – 495 Medali
Dan Swedia merupakan peserta Olimpiade pertama yang hadir saat pembukaan perdana di Athena, Yunani (1986). Di tahun 1912, Olimpiade tersebut juga berlangsung di Kota Stockholm. Walau mengikuti sejak awal turnamen, namun negara tersebut hanya mampu mengoleksi 495 medali.