Sejarah Singkat Origami

Sejarah Singkat Origami

ralphmag – Orang Jepang pertama kali menggunakan kertas pada abad keenam. Memang benar bahwa budaya lain terlibat dalam berbagai bentuk pelipatan kertas, tetapi Jepanglah yang pertama kali menemukan kemungkinan yang terkait dengan penggunaan kertas sebagai media seni Origami.

Sejarah Singkat Origami – Origami awalnya dikenal sebagai orikata (bentuk terlipat). Namun, pada tahun 1880, kerajinan itu dikenal sebagai origami. Istilah origami berasal dari kata Jepang oru (melipat) dan kami (kertas).Tidak diketahui mengapa istilah ini dipilih, meskipun para ahli berspekulasi bahwa karakter untuk istilah ini adalah yang paling mudah dipelajari oleh anak sekolah untuk belajar menulis.

Sejarah Singkat Origami

Kepopuleran
Saat ini, banyak orang yang tertarik dengan ide untuk belajar melipat gambar origami karena kertas adalah persediaan kerajinan yang murah. Ketika origami pertama kali dipraktekkan, bagaimanapun, itu adalah kerajinan hanya untuk elit. Biksu Jepang melipat figur origami untuk tujuan keagamaan. Origami juga digunakan dalam berbagai upacara formal, seperti praktik melipat kupu kupu kertas untuk menghiasi botol sake di resepsi pernikahan pasangan Jepang.

Tsutsumi, kertas pembungkus kado yang dilipat, digunakan dalam beberapa upacara untuk melambangkan ketulusan dan kemurnian. Bulan, yang merupakan origami yang menyertai hadiah berharga, adalah contoh lain dari origami kertas upacara, karena model ini bertindak sebagai bukti keaslian. Dengan semakin terjangkaunya kertas , masyarakat umum mulai membuat boneka origami sebagai hadiah, origami dan amplop untuk menulis surat. Origami juga mulai digunakan sebagai alat pendidikan karena melibatkan banyak konsep yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dalam proses melipat. Buku pertama dari origami adalah origami bangau Senbazuru, yang ditulis oleh Akisato Ryo dan diterbitkan pada tahun 1797. Buku ini lebih banyak tentang praktik budaya daripada panduan. Ada cerita tradisional di Jepang yang mengatakan jika seseorang melipat 1.000 bangau kertas, mereka akan diberikan satu permintaan khusus.

Akira Yoshizawa
Akira Yoshizawa sering dikenal sebagai “grandmaster origami.” Lahir pada tahun 1911, ia pertama kali belajar origami sebagai seorang anak. Di usia 20an,ia memakai pengetahuannya mengenai origami buat membimbing karyawan baru di pabrik tempat dia mengerjakan konsep geometri yang dibutuhkan buat menuntaskan karier mereka. Pada tahun 1954, Yoshizawa menerbitkan Atarashi Origami Geijutsu (Seni Origami Baru).

Karya ini menetapkan dasarbuat ikon serta catatan yang kita maanfaatkan saat ini ketika menjelaskan cara melipat model tertentu. Itu juga alasan mengapa Yoshizawa menjadi superstar origami. Dia menghabiskan sisa hidupnya sebagai semacam “duta budaya” di Jepang, menyebarkan kesadaran teknik origami ke dunia.

Baca Juga : Majalah dan Publikasi Teknologi Teratas untuk Dibaca

Yoshizawa meninggal pada tahun 2005, tetapi diperkirakan telah menghasilkan lebih dari 50.000 karakter dalam hidupnya. Sayangnya, hanya beberapa ratus model ini yang didokumentasikan secara resmi dalam buku origaminya. Yoshizawa juga merupakan pelopor dalam teknik origami lipat basah yang populer dengan menyemprotkan kabut halus air di atas kertas untuk menciptakan origami yang lebih bulat dan tampak lebih seperti ukiran. Pada bulan September 2016, sebuah buku luar biasa yang menampilkan karya Akira Yoshizawa diterbitkan.

Variasi Modern
Origami awalnya tidak mengizinkan pemotongan atau perekatan, tetapi standar telah dilonggarkan selama bertahun-tahun. Hari ini Anda akan melihat banyak buku origami dengan model yang menyertakan beberapa bentuk pemotongan atau perekatan untuk menambah stabilitas pada desain akhir. Perkembangan lain dari origami adalah angka tidak bisa lagi dilipat dengan origami saja. Hari ini Anda dapat menemukan folder kertas yang berfungsi dalam bentuk bungkus kado, kertas mesin tik, kertas lembar memo, dan berbagai kertas buatan tangan. Origami memiliki tren kerajinan “hijau” yang terbuat dari kertas yang dibuang seperti kertas. B. Sisipan surat kabar lama dan email sampah. Anda dapat melipat angka pada origami uang kertas dan menyajikan hadiah dengan cara Anda sendiri, tetapi kerajinan ini mengharuskan Anda untuk mengikuti grafik yang dibuat menggunakan dimensi mata uang tertentu.

Trivia
Origami biasanya terkait dengan Jepang, tetapi origami kertas juga menjadi semakin populer di Eropa. Di Spanyol, gerakan ini disebut papiroflexia atau pajarita.